Minggu, 04 November 2018

on 1 comment

Pakan Domba Selain Rumput Yang Wajib Anda Ketahui

Jangan sampai salah inilah Pakan Domba Selain Rumput yang bisa anda berikan ke hewan ternak domba yang anda miliki.

https://carajitumembuatpakanternakfermentasi.blogspot.com/2018/11/pakan-domba-selain-rumput-.html

 Memiliki peternakan yang maju dan sukses tentunya menjadi dambaan setiap orang , salah satu hewan yang sering di ternakan adalah domba, hewan ini memiliki banyak kelebihan salah satu nya harga jual yang tinggi. 

Salah satu yang menentukan keberhasilan dari hewan yang kita ternak tentunya di dasari berbagai faktor misal nya karena pakan yang di berikan. 

Pakan yang umum di berikan ke domba atau kambing adalah rumpt, untuk di zaman dahulu yang masih banyak lapangan tentunya hal ini bukanlah kendala

Akan tetapi untuk di zaman sekarang ini yang mana lapangan hijau telah berubah menjadi bangunan bangunana kokoh sehingga ketersediaan rumput pun sulit. 

Sehingga tak jarang para peternakan harus mendatangkan rumput rumput dari luar daerah dan tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

Tapi tahukah anda bahwa domba ini bisa makan selain rumput, kira kira apa saja Pakan Domba Selain Rumput yang aman untuk di berikan. Di bawah ini informasi lebih lengkap nya.

Inilah Daftar Pakan Domba Selain Rumput Yang Wajib Anda Ketahui

·         Daun-daunan
Pakan Domba Selain Rumput yang bisa di berikan adalah daun daunan. Jika ada dua pilihan seringkali kambing ini lebih memiliki makanan yang jenis daun daunan karena memiliki tekstur yang lebih halus dari pada rumput rumputan.

Daun daunan juga tidak  terdapat bulu bulu runcing seperti pada rumput rumputan. Adapun jenis daun daunan yang biasa di konsumsi oleh kambing ialah daun nangka , daun jambu biji, daun waru , daun akasiah , daun mahoni, daun albasiah , daun lamtoro , daun singkong dan daun kakao. 

·         Konsentrat
Konsentrat ialah campuran beberapa bahan yang di jadikan satu yang mana untuk memenuhi kebutuhan mineral yang tidak terdapat pada rumput . Di buat dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak seperti ternak domba, kambing. 

https://carajitumembuatpakanternakfermentasi.blogspot.com/2018/11/pakan-domba-selain-rumput-.html


·       Ampas singkong ,
Siap sangka ternyata Pakan Domba Selain Rumput adalah ampas singkong, ampas singkong ialah limbah hasil pengolahan singkong di ambil untuk sarinya lalu di jadikan tepung kanji atau bioetanol , di dalam limbah singkong ini memiliki energi yang cukup lumayan banyak. 

·         Kulit kacang
Tahukah anda bahwa kulit kacang yang berasal dari limbah pertanian ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga lemak , kulit kacang ini bisa menjadi pakan domba selain rumput yang biasanya di giling dan di campurkan dengan konsentrat kambing. 

·         Tongkol jagung
Tongkol jagung di pilih sebagai pakan alternatif karena di dalam nya menyediakan komposisi mineral dan energi yang mana di butuhkan oleh kambing / domba sebagai karbohidrat dan juga protein. 

Sebelum memberikan pada ternak tongkol jagung ini di giling terlebih dahulu setelah itu di campur dengan menggunakan bahan lain supaya menjadi konsentrat

·         Kulit pisang
Kulit pisang yang mana menjadi limbah industri dari pengolahan keripik pisang atau sale pisang . Kulit pisang ini dapat langsung di berikan kepada kambing atau di awetkan terlebih dahulu dengan cara di fermentasi atau di keringkan , kombinasikan dengan pakan lain nya jauh lebih baik. 

·         Daun dan pelepah kelapa sawit
Tahukah anda bahwa limbah kelapa sawit seperti pelepah nya sebenar nya dapat di manfaatkan sebagai pakan ternak kambing akan tetapi karena pengolahan nya yang sulit di karenakan  banyak duri maka hanya sedikit dari mereka yang memanfaatkan nya. 

Kebanyak perusahan kelapa sawit ini sering di manfaatkan untuk limbah sawit ini di jadikan sebagai pakan sapi. 


·         Kulit kopi
Sebenarnya kulit kopi ini bisa di jadikan sebagai pakan ternak akan tetapi karena tanin dan kafein yang terkandung dalam kulit kopi ini cukup tinggi sehingga beresiko jika di berikan pada kambing. 

TAHUKAH ANDA BAHWA KINI PAKAN TERBAIK YANG DI REKOMENDASIKAN UNTUK TERNAK ADALAH JENIS PAKAN FERMENTASI 

 
https://carajitumembuatpakanternakfermentasi.blogspot.com/

INFO LEBIH LENGKAP KLIK DISINI

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus