Kamis, 10 Januari 2019

on Leave a Comment

Ternak Domba Tanpa Ngarit | REKOMENDASI

JANGAN SAMPAI ANDA LEWATKAN , Inilah Ternak Domba Tanpa Ngarit yang cukup mudah di aplikasikan nya.

Memiliki hewan ternak tentunya harus di berikan kan pakan yang benar dan berkualitas supaya hewan ternak tersebut dapat tumbuh dengan sehat sehingga memiliki harga jual yang tinggi.

https://carajitumembuatpakanternakfermentasi.blogspot.com/2019/01/ternak-domba-tanpa-ngarit-rekomendasi.html

Salah satu kunci untuk mendapatkan hewan ternak yang sehat dan memiliki bobot yang ideal suoaya layak di jual terletak pada pakan yang di berikan , tentunya jika pakan nya baik maka hewan pun akan sehat dan tumbuh berkembang dengan baik. 

Biasanya para peternak akan memberikan pakan rumput hijau segar atau memerlukan ngarit untuk mendapatkan rumpu segar untuk pakan ternak, yang mana memang baik untuk pakan ternak domba, tapi untuk dizaman sekarang yang mana perkembangan pembangunan lebih cepat sehingga mengakibatkan lahan lahan hijau atau rerumputan di rubah menjadi bangunan permanen.

Sehingga ketersedian pakan rumput segar untuk ternak tidak tercukupi , dan  terkadang karena permasalahan ini para peternak mengalami ke bingungan dalam hal pemberian untuk pakan ternak.

Tahukah anda bahwa kini dapat menjalankan sistem Ternak Domba Tanpa Ngarit , karena untuk pakan telah terpenuhi dengan sistem pakan fermentasi. 

Apa itu fermentasi pakan ?
Fermentasi pakan ialah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang ada di pakan hijauan atau pakan serat dapat di simpan , dan amoniasi ialah cara pengolahan kimia untuk meningkatkan kadar cerna bahan pakan berserat dan kadar protein nya. 

Jenis pakan fermentasi dapat di berikan ke hewan ternak mulai dari domba, sapi , kerbau , kelinci dll.Tentunya pakan fermentasi ini memiliki berbagai kelebihan

Kelebihan dari pakan fermentasi :

  • Pakan fermentasi dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak
  • Dapat membantu meningkatkan berat badan pada domba,kambing agar tumbuh secara alami
  •   Biasanya hewan domba , kambing yang di berikan pakan fermentasi akan tumbuh sehat dan dapat membantu proses penggemukan domba
  • Meningkatkan nafsu makan pada domba ,
  • Biasanya domba yang di berikan pakan fermentasi daging nya akan lebih berisi dan juga rendah kolesterol
  • Meningkatkan daya tahan tubuh pada domba sehingga domba tidak mudah terkena penyakit
  • Kotoran yang di keluarkan tidak akan memiliki bau yang menyengat seperti pakan rumput dan kotoran yang di keluarkan akan lebih sedikit.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa di peroleh jika anda memberikan jenis pakan fermentasi untuk  domba yang ada ternakan. 

Di bawah ini beberapa pakan fermentasi yang bisa anda buat sehingga dapat Ternak Domba Tanpa Ngarit

Fermentasi rumput gajah
Bahan baku untuk fermentasi dengan bahan rumput gajah, sebaik nya pilih rumput gajah yang segar lalu keringkan terlebih dahulu hingga kandungan air nya hilang nya sebanyak 60 % supaya tidak cepat rusak. 

Siapkan rumput gajah, molases atau tetes tebu, dedak halus , menir, potong potong rumput gajah tersebut lalu campurkan semua bahan yang sudah di siapkan , masukan campuran tersebut ke dalam silo padatkan untuk menghilangkan rongga udara dan masukkan melebihi permukaan silo untuk antisipasi penyusutan , tambah dengan lapisan plastik lalu tutup rapat dan simpan selama 6 hingga 8 minggu.

Jerami padi
Bahan alami yang bisa di fermentasikan dan bisa di berikan ke ternak domba anda adalah jerami padi, karena di dalam jerami ini mengandung protein kasar yang tinggi. 

Supaya pakan ini memiliki tekstur yang baik , lebih awet dan menghilangkan zat silica dan lignin yang dapat menghambat penyerapan nutrisi maka jerami dengan di olah melalui fermentasi sangat baik untuk di lakukan. 

Siapkan 1 ton jerami padi, tetes tebu, suplemen organik cair, terpal plastik dan alat penyiram air. Campur mosales dengan suplemen organik cair , lalu kemudian aduk hingga rata. 

Semprot campuran tersebut pada jerami yang sudah di potong potong hingga basah merata , lalu tutup dengan plastik tebal atau terpal dan ikat dengan kuat agar udara tidak masuk. Lalu diamkan selama 12 hingga 15 hari untuk proses fermentasi.

KINI SAAT NYA TERNAK DOMBA TANPA NGARIT >>
MENGANDALKAN PAKAN FERMENTASI YANG LEBIH PRAKTIS DAN BAIK UNTUK PERKEMBANGAN HEWAN TERNAK
https://carajitumembuatpakanternakfermentasi.blogspot.com/2018/11/ramuan-fermentasi-pakan-kambing.html

INFORMASI LENGKAP RAMUAN FERMENTASI POLA SOC-HCS KLIK GAMBAR 

https://caramudahmembuatpakanfermentasiternak.blogspot.com/2018/11/obat-alami-untuk-fermentasi-pakan-ternak.html
Artikel Lain nya

0 komentar:

Posting Komentar